[Software] Software Editing Video Profesional Terbaik

 

Backspace ID - 8 Software Editing Video Profesional Terbaik. Software yang bisa digunakan untuk dalam proses editing video menjadi sebuah tayangan berkualitas dan standart dalam industri broadcast maupun industri film telah banyak dipasaran. Software tersebut banyak menawarkan beragam macam fitur, kemudahan dan file format yang sesuai dengan perkembangan teknologi format video sekarang ini.

8 Software Editing Video Profesional Terbaik
8 Software Editing Video Profesional Terbaik

Berikut ini beberapa sofware editing video profesional terbaik yang memiliki standart broadcast dalam industri perfilman di dunia. Software-software editing yang biasa dipakai para editor profesional di televisi maupun rumah produksi untuk pembuatan program-program tv maupun film. Berikut 8 Software Editing Video Profesional Terbaik menurut TopTenReview

#1. Adobe Premiere Pro CC

Adobe Premiere Pro CC adalah sebuah program penyunting (editing) Video berbasis non-linear editor (NLE) dari Adobe Systems. Adobe Premiere Pro masih menduduki peringkat pertama sebagai software editing profesional yang banyak dipakai oleh editor-editor kelas dunia. Adobe Premiere Pro CC adalah versi terbaru dari adobe premiere yang dapat membuat film dan mengedit dengan mudah cepat dan hasil yang maksimal.
Adobe Premiere Pro
Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro merupakan program pengolah video pilihan bagi kalangan profesional, program ini banyak digunakan oleh perusahaan Pembuatan Film/Sinetron, Broadcasting, Rumah Produksi dan Pertelevisian. Beberapa film yang pernah dibuat dengan Adobe Premiere Pro adalah Dust to Glory, Superman Returns, dsb.

Sebelumnya Adobe System telah menghadirkan versi Adobe Premiere Pro C3, C4, C5, hingga C6. Dan tahun 2015 Adobe meluncurkan Adober Premiere Pro CC sebagai penerus versi sebelumnya. Adobe Premiere Pro CC juga mendukung penuh sistem 64 bit dan lebih berjalan maksimal di sistem 64 bit. Selain itu Adobe Premiere Pro CC juga telah mendukung multi prosesor sehingga proses rendering akan menjadi lebih cepat.

#2. Final Cut Pro

Final Cut Pro adalah software editing video profesional yang awalnya dikembangkan oleh perusahaan Macromedia Inc. lalu dilanjutkan oleh perusahaan Apple Inc. ditujukan bagi perangkat Apple atau Macintosh. Final Cut Pro hanya dapat berjalan pada PC (Personal Computer) Macintosh buatan Apple yang bersistem operasi Mac OS X versi 10.5.6 atau yang lebih baru.
Final Cut Pro
Final Cut Pro

Final Cut Pro merupakan aplikasi video editing yang sangat powerful. Bekerja sangat responsif dan sangat stabil terlebih karena berjalan dalam Mac OS buatan Apple, terlebih jika Anda mengerjakan video dalam format 4K yang menghadirkan kapabilitas mengagumkan untuk menjalankan tiga streaming video 4K sekaligus (atau lebih banyak streaming video HD) dapat dikombinasikan semua itu untuk ditampilkan hingga di tiga layar 4K, memproses efek secara real time, dan bahkan mengedit klip multikamera 4K, dan Anda memiliki kapabilitas pengeditan video super andal dengan proses render yang ultra cepat. Interface nya pun mirip dengan Adobe Preimere sehingga mudah digunakan. Soal harga Final Cut Pro lebih murah dibanding Software Editing profesional yang lain dengan performa yang yahud.

#3. Avid Media Composer

Avid Media Composer dipergunakan secara luas dalam industri perfilman dan televisi. Media Composer menjadi software editing video yang paling terbukti di industri broadcast, dipercaya oleh editor profesional dalam setiap segmen pembuatan film, televisi, siaran, dan media streaming. Dirancang untuk menangani volume tinggi dengan berbeda media format file, Avid Media Composer memberikan kecepatan edit pada file resolusi tinggi dan HD alur kerja, kolaborasi real-time, dan manajemen media yang kuat, menghilangkan tugas memakan waktu sehingga Anda dapat fokus pada menceritakan kisah yang hebat. 
Avid Media Composer
Avid Media Composer
Avid Media Composer sebagai sistem editing non-linear (NLE) merupakan produk unggulan dari Avid Technology. Album ini dirilis pada tahun 1989 pada Macintosh II sebagai sistem editing offline. Sejak saat itu, fitur aplikasi telah meningkat untuk memungkinkan editing film, definisi standar terkompresi (SD) video dan definisi tinggi (HD) editing dan finishing. Sejak awal 1990-an, Media Composer telah menjadi sistem editing non-linear dominan di industri film dan televisi, pertama pada Mac dan kemudian juga pada Windows.

The Avid Newscutter, ditujukan untuk penggunaan newsroom (pemberitaan), Avid Symphony, yang ditujukan untuk finishing, semua produk Avid yang berasal dari Media Composer dan berbagi interfacing yang sama, seperti Avid Xpress Pro (yang dihentikan pada 2008) dan pendahulunya Avid Xpress DV. Avid Media Composer sebagai penerusnya memiliki interface yang atraktif, handal, dengan didukung efek dan transisi yang mumpuni dibandingkan dengan software editing lainnya.

#4. Sony Vegas Pro

Sony Vegas Pro dihadirkan oleh Sony Corp sebagai software editing profesional yang banyak digunakan oleh kalangan pembuat film, industri televisi, broadcast maupun rumah produksi. Sony Vegas Pro 13 dapat mengedit video berformat SD, HD, 2K, bahkan 4K dengan materi 2D atau 3D stereoscopic, dengan fungsi drag-and-drop atau 3-point dan 4-point seperti mode editing tradisional. Antarmuka Sony Vegas Pro 13 menyediakan jajaran tool inovatif dan sentuhan yang efisien, dengan timeline yang disesuaikan untuk mencapai berbagai tugas produksi. Sony Vegas Pro dirancang untuk bekerja dengan semua format video yang tersedia, termasuk format 3D stereoskopik. (Untuk pemantauan 3D, editor dapat menggunakan SDI atau output HDMI dan pilih saluran khusus, atas / bawah, sisi-by-side, dicampur atau layar anaglyphic.)

Sony Vegas Pro
Sony Vegas Pro

Selain itu, Sony Vegas Pro menyediakan lebih dari 200 lebih transisi baik 2D dan 3D, juga termasuk lebih dari 300 efek fungsional dan bergaya. Banyak dari percepatan penggunaan GPU, yang memanfaatkan kekuatan pengolahan kartu grafis untuk mempercepat efek rendering dan pemantauan. 

Secara umum, Sony Vegas Pro dapat mengedit secara online mode maupun offline mode untuk penggunaan pada perangkat ipad, dapat mengakomodir berbagai format Video dengan mudah, waktu render yang efisien dengan sekaligus pada saat mengeksport file dalam berbagai format video, penggunaan memori komputer yang minimum, dan tidak boros dalam pemakaian ruang penyimpanan harddisk karena tidak membutuhkan render terpisah. Bisa mengimpor dan ekspor berbagai file project dari dan ke Vegas Pro 13. Project Interchange nya dapat mengkonversi antara file .veg asli dan AAF untuk Avid® ProTools®, XML untuk Apple® Final Cut Pro ® 7, Final Cut Pro X (ekspor hanya ), DaVinci Putuskan 10, dan .prproj untuk Adobe® Premiere® Pro CC dan After Effects® CC. Satu lagi, Sony Vegas Pro lebih lengkap dalam pengelolaan editing audio.

#5. Magix Video Pro

Magix Video Pro merupakan software editing yang mudah dipelajari oleh kalangan pemula. Jika dulu hanya para profesional yang dapat membuat video dengan tampilan menawan, kini dengan Magix Video Pro, seorang pemula pun dapat mengerjakannya.
Magix Video Pro
Magix Video Pro

Magix Video Pro merupakan aplikasi authoring dengan feature yang lebih lengkap dibanding aplikasi penyunting video biasa. Itu sebabnya meski dikategorikan sebagai software editing untuk user low end, Top Ten Review memberikan peringkat kelima kepada Magix Video Pro karena berbagai keunggulan yang dimilikinya. Salah satu keunggulannya yaitu kelengkapan fungsi, mulai dari tahapan awal saat melakukan transfer video hingga tahap akhir menjadi sebuah video berbentuk CD atau DVD. 

Di Indonesia Magix Video Pro kurang diminati, tidak seperti Corel Video Studio dan Pinneacle Studio yang lebih populer. Magix Video Pro mendukung koneksi analog (RCA) dan digital (FireWire) untuk melakukan proses transfer data. Dengan koneksi tersebut, Anda bisa menghubungkan perangkat ini ke kamera digital, camcorder, TV analog, dan perangkat lainnya yang mendukung. 

Interface Magix Video Pro mirip dengan software-software editing lainnya. Hasil transfer video nantinya bisa disimpan ke dalam beberapa format populer, seperti MOV, MPG, dan AVI. Resolusi tertinggi yang didukungnya mencapai 1920×1080 pixel dengan format AVI. Tentu saja, kalau ingin membuat video dengan format tersebut, dibutuhkan spesifikasi PC yang tinggi. Untuk membakar langsung ke keping CD atau DVD, telah tersedia aplikasi burning Speed BurnR. 

#6. Canopus Edius

EDIUS adalah paket perangkat lunak editing video awalnya dikembangkan berbasis Corporation Jepang Canopus sampai 2005, ketika Corporation Canopus dijual kepada Grass ValleyEdius merupakan software  digunakan untuk mengedit video layaknya adobe premiere dan kawan-kawan. Edius terbaru kini versi 7 dan dapat anda download trialnya di website resmi edius.

edius
edius 7

EDIUS adalah editor non-linear (NLE) yang menyatakan bahwa hal itu dapat menangani HD hampir semua format video dan SD pada waktu dicampur dan output untuk format pengiriman yang paling modern, termasuk Tape, Web, DVD dan Blu-ray (dari versi 5 ). EDIUS dirancang untuk siaran dan pasca-produksi lingkungan, terutama mereka yang baru, bentuk tapeless merekam video dan penyimpanan. EDIUS juga menyatakan bahwa ia menawarkan real-time, multi-track, dicampur-format editing, compositing, chroma keying, sertifikasi, dan kemampuan timeline output. EDIUS mendukung semua kamera DV dan HDV dan AVCHD ditambah deck, Infinity JPEG 2000, DVCPRO dan DVCProHD, P2, VariCam, Ikegami GigaFlash, MXF, XDCAM, dan video yang XDCAM EX.

Dari beberapa kemampuan, dan fitur telah ditingkatkan seperti efek yang hadir dalam EDIUS  cukup untuk mengatakan software ini  termudah dan tercepat untuk membuat dan mengedit video

#7. Lightworks

Lightworks adalah sistem NLE profesional untuk mengedit dan mastering film di 2K dan 4K serta produksi televisi di PAL, NTSC dan HD. Lightworks merupakan pengembang awal komputer berbasis non-linear editing sistem, dan telah dikembangkan semenjak sekitar tahun 1989.

Secara umum Lightworks menggunakan interface kontrol mirip dengan kontroler standar industri Steenbeck flatbed, ini dirancang untuk menjadi sistem editing non-linear. Ketika Lightworks diperkenalkan pada awal 1990-an, Lightworks memiliki sejumlah fitur unik, seperti “sync slip”, pemutaranvariasi peed disinkronkan dengan scrubbing audio, synchronized multi-channel playback, dan object-oriented user interface dengan konsol hardware khusus. Beberapa fitur ini masih tak tertandingi oleh sistem lainnya.

Beberapa pengamat nenyatakan bahwa Lightworks adalah NLE tercepat, paling mudah diakses dan fokus dalam industri, karena didasarkan pada gagasan sederhana bahwa editor, bukan industri komputer. Jadi diklaim aplikasi ini lebih difokuskan untuk para praktisi editing , bukan untuk konsumsi programer , yang lebih menonjolkan sisi kemampuan editor dalam mengeplorasi bakatnya dalam editing.

Asal anda tahu saja untuk film sekelas hollywood, seperti Mission Impossible, Batman ,  Shutter Island ,The king’s speech atau 28 Day’s Later, ternyata diedit dan diproses dg program Lightwork. Ternyata software editing video yang gratisan ini ternyata juga digunakan oleh editor-editor film hollywood terkenal. 

#8. HitFilm 3 Pro


No comments:
Write komentar